women

Jadi Wanita Karir Tidak Melulu Salah Kok! Ada 5 Kelebihan yang Mungkin Tak Dimiliki Ibu Rumah Tangga Biasa

Menjadi ibu rumah tangga atau wanita karir sebenarnya merupakan pilihan masing-masing. Ada kelebihan dan kekuarangannya. Menjadi wanita karir dan menyambi menjadi ibu rumah tangga pun juga begitu. Ada sejumlah tantangan dan keuntungan yang dimiliki oleh seorang wanita.

Seberapa Pengaruh Wanita dalam Perkembangan Bisnis Di Indonesia?

Tanpa disangka, pengaruh perempuan dalam perkembangan  dunia bisnis cukup dominan. Tahun 2010 saja, 60% UKM di Indonesia dikelola oleh wanita. Data ini merujuk pada Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia 2010 lalu. Yang pasti, angka ini dipastikan bertambah.

 

Kesadaran wanita untuk berkarya di dunia bisnis ini semakin tinggi, apa lagi sekarang bukan lagi hal tabu bila wanita, spesifiknya ibu rumah tangga juga menyambi berkarir. Ini syah-syah saja. Bahkan mereka justru mendapatkan keuntungan, baik dari segi ekonomi, psikologis hingga sosialnya.

Keuntungan yang Didapatkan Wanita Saat Memilih Nyambi Jadi Pebisnis

 

Stabilitas Keuangan

Sudah menjadi barang yang mutlak bila wanita yang berbisnis akan membantu mensejahterahkan keluarga. Jaman sekarang memang berbeda dengan dulu, dimana wanita diharuskan diam dirumah dan melakukan pekerjaan merawat rumah tangga setiap hari.

 

Akhirnya ketika keuangan rumah tangga sedang dalam kondisi buruk, pertikaian pun tak terelakkan dan saling menyalahkan. Padahal akar permasalahannya hanya terletak pada kebebasan finansial. Nah, saat wanita memilih bekerja, ini akan menjadi hal berbeda ketika keuangan suami sedang lesu. Wanita akan menjadi tumpuan bantuan ekonomi keluarga. Sebab, kita tidak tahu seperti apa keadaan ekonomi di masa depan.

Jago Dalam Networking

Wanita yang memilih berakarir akan semakin terasa skill networking-nya karena terbiasa berhubungan dengan klien. Dalam hal ini, wanita punya skill tawar yang bagus dan kebanyakan cenderung menyukai diplomasi. Bila diterapkan pada rumah tangga, tentunya akan berbeda karena wanita punya argumen yang bagus tanpa menghakimi lawan bicaranya.

Bahkan mereka lebih mudah diajak berdiplomasi dan melihat suatu masalah dari berbagai sisi. Seringnya mereka bertemu dengan klien dari berbagai karakter membuat wanita lebih tertata emosinya sehingga dalam berkeluarga mereka cenderung pandai mengambil keputusan.

Manajemen Waktu Lebih Baik

Tidak perlu diragukan lagi. Seorang ibu rumah tangga yang menyambi menjadi wanita karir memiliki menejemen  waktu yang bagus. Mereka dipaksa untuk membagi waktu antara keluarga dan bisnis. Nah, ini sangat baik bagi keluarga terutama anak-anak yang membutuhkan seorang role model yang pekerja keras dan berkomitmen tinggi.

Kreatif

Wanita karir selalu dituntut untuk kreatif dalam berbagai hal. Nah, wanita karir akan memiliki banyak sisi kreatif yang bisa dijadikan panutan oleh anak. Dalam hal apa pun. Dalam keluarga, anak membutuhkan sosok yang bisa memberikan sisi lain tentang kreatifitas mulai dari seni hingga dalam hal mengerjakan tugas.

Ketika seorang ibu terbiasa bekerja di lingkungan penuh tekanan dan tuntutan kreatifitas yang tinggi, secara tidak langsung ia akan menularkannya pada anak. Entah itu dari cara terkecil hingga mengajarinya mengambil keputusan.

Lebih Tangguh dan Tidak Mudah Putus Asa

Wanita karir dituntut untuk pekerja keras dan siap menghadapi situasi apa pun. Ini yang membedakan mereka dengan ibu rumah tangga biasa. Ketika mereka dihadapkan masa-masa sulit dalam rumah tangga, wanita akan selalu terarah pada jalan keluar, bukan ke sebuah drama yang membuat hubungan semakin buruk. Namun, bukan berarti ibu rumah tangga itu tidak bagus, semua tergantung pribadinya juga. Hanya saja, tidak semua ibu rumah tangga mampu berpikir seperti ini. Sementara wanita karir, selalu terbiasa dengan masa-masa sulit dan penuh tekanan.

Nah, itulah kelebihan menjadi ibu rumah tangga yang nyambi berkarir. Walau pun begitu, menjadi wanita karir bukan berarti tidak beresiko dan lebih keren. Asal tahu batasannya, wanita karir ini bisa memiliki hubungan yang langgeng.

Spread the love